Makanan Tradisional Jawa Barat

Makanan Tradisional Jawa Barat- Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan rempah-rempah dan gak salah jika di Indonesia banyak sekali makanan - Makanan yang sangat menggiurkan lidah, terlebih bagi pecinta kuliner atau pecinta jajanan tradisional khas sunda. Bicara soal jawa barat kita pasti gak asing lagi dengan makanan yang seperti,  Papais, Peuyeum dan banyak lagi yang lainnya yang mungkin zaman sekarang udah gak sepopuler jajanan modern seperti sekarang. Bagi kalian yang rindu akan kampung halaman dan pengen bikin makanan tradisional, gak ada salahnya kalian  bisa bikin sendiri di rumah. Berikut saya mau berbagi makanan tradisonal jawa barat yang mungkin kalian ingat dan pengen mencoba bikin sendiri.

1. Papais / Enten



Makanan papais emang sangat legit apalagi di sajikan dengan secangkir air teh hangat dan di santap pada sore hari. 
Bahan : 
1. 500 Gram beras ketan
2. Gram secukupnya
3. Gula putih 3/4
4. Air secukupnya

Isinya :
-Kelapa parut 200 gram,
-2 biji gula merah.

2. Kue Putu Ayu



Kue Putu Ayu - gak salah satu makanan terkenal dan mungkin sampai sekarang juga menjadi salah satu primadona makanan tradisional. Selain tampilannya yang cantik rasanyapun sangat enak dan pas menemani suasana rumah anda.
Bahan :
1. Tepung terigu
2. Telur 1/2 kg
3. Gula putih 1/2 kg
4. Santen / Susu 2 gelas 

3. Peuyeum Ketan / Tape ketan 


 Peuyeum ketan - Naaahhh kalau bicara peuyeum ketan, makanan ini juga gak kalah populer dengan makanan zaman sekarang, karena rasanya yang manis juga makanan ini bisa di sebut Mbahnya makanan tradisional, karena makanan ini enaknya fulll dech, apalagi di bungkus pake daun jambu jadi punya cita rasa yang mantap dan wangi. tapi jangan kenyakan yaa karena makanan ini katanya bisa sedikit memabukan kalau kebanyakan, Katanya sihh... dan cara bikinnya juga simple tapi agak lama sihhhh karena butuh waktu untuk fermentasi sekitar 2 hari.

Bahan :
1. Beras Ketan
2. sedikit ragi
3. daun jambu
4. Gula secukupnya
5. Air rebusan daun katuk ( sebagai pengganti pewarna makanan)

Naahhh itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan ke kalian, semoga bisa mengobati rasa kangen ke kampung halaman dan mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih. 

No comments:

Post a Comment

Halo sob, kita berjumpa lagi, mudah-mudahan kalian dalam keadaaan yang sehat yaa... Kali ini saya mau menjelaskan tentang pengertian cerpen,...